Arw4h Orang Meningg4l Masih di Rumah Selama 40 Hari. Benarkah, Ini Penjelasannya.

Ada beberapa orang yang mempunyai kepercayaan bahawa orang yang m4ti masih tinggal di rumah selama 40 hari, namun ada juga yang bertanya tentang kebenarannya.

Kalian atau teman kalian mungkin pernah mengalaminya di mana ada seorang sanak keluarga yang meningg4l dunia dan kemudian beberapa hari ada kejadian-kejadian an3h atau bahkan suara-suara yang dialami selama di rumah.

Muncullah spekulasi akan adanya arwah yang baru saja meningg4l itu dan akan berada di rumah selama empat puluh hari dari masa kem4tiannya. Banyak yang percaya dan banyak yang tidak, tetapi baiknya melihat pandangan Islam tentang ini.

Benarkah Arw4h Orang Meningg4l Masih Berada di Rumah Selama 40 hari?
Arw4h orang yang telah meningg4l lalu masih tinggal di rumah selama 40 hari adalah kepercayaan para orang tua dahulu, tetapi akhirnya menjadi kepercayaan turun temurun, termasuk juga dipercayai oleh orang-orang muslim.

Hal ini perlu ditabarkan kebenarannya menurut Islam sendiri agar tidak menjadi hal yang salah kaprah tapi terus diyakini. Perlu diingat akan tiga hal pengecualian di sini bahawa orang yang telah meningg4l duniaa, segala urusan duniawinya sudah terputus, kecuali 3 hal berikut:

Doa oleh anak yang saleh.
Ilmu yang berguna.
Amal Jariyah.

40 hari selepas orang m4ti tidak berada di rumah seperti kebanyakan orang mengatakan dan percaya kerana tidak ada Nash yang menyatakannya. Karena jika berada di rumah, itu artinya si arw4h
masih berurusan dengan hal-hal dunia yang tidak dinyatakan oleh Nash manapun.

Dalam bukunya, al-Ruh, disebutkan oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah bahawa ada beberapa pendapat tentang arw4h atau ruh sesudah m4ti sehingga hari kiamat datang itu ada di mana. Tentu dari banyaknya pendapat itu tidak ada yang sama sekali diungkapkan bahwa arw4h-arw4h akan bergentayangan. Bagi orang-orang yang beriman, mereka akan merasakan ketentraman di alam barzakh yang luas di mana kenikmatan dan rezeki melimpah di dalamnya.

Rahasia di balik 40 hari sesudah orang yang beriman m4ti tempatnya adalah di alam yang penuh dengan nikmat, sedangkan orang arwah orang kafir akan merasakan siks4 dan kesusahan di barzakh yang sempit.

Allah SWT pernah berfirman bahawa ada barzakh di hadapan mereka hingga saat mereka dibangkitkan.Jika masih ragu, ada hadits yang menjelaskan dan menceritakan runtutan kisah perjalanan arw4h dari pencabutan oleh malaikat dari jasad yang lalu dibawa ke langit sebelum pengembalian kembali arw4h ke jasadnya yang ada di alam kuburr atau barzakh itu tadi.

Setelah itu, proses berlanjut di mana malaikat akan menanyainya agar bisa memutuskan di mana ia harus menunggu hingga hari kiamat itu datang.40 hari orang meningg4l dipercaya arwahnya ada di rumah tapi sebenarnya nanti ia akan ditempatkan oleh malaikat untuk menunggu hari kiamat sebelum diputuskan apakah ia nanti akan di kubur penuh sik$a atau yang penuh dengan nikmat berdasarkan perbuatan amal selama ia masih hidup di dunia.

Saat hari kiamat datang, maka mereka akan dibangkitkan kembali, yang intinya selama 40 hari arw4h akan bergentayangan di rumah itu taklah ada karena sudah berbeza dimensi dengan orang-orang yang masih hidup. Hati-ati selalu akan ibliis yang mencoba menjauhkan umat manusia dari jalan Allah SWT dengan menggoyahkan iman manusia itu untuk percaya hal-hal yang tidak masuk akal dan bahkan tidak ada di hadits atau Nash manapun.

Sebaiknya tidak percaya kepada orang yang mati ditinggal di rumah selama 40 hari karena ini salah satu cara ibliis dan set4n untuk membuat manusia terjerumus menjadi sesat.

Apa Pendapat Anda? Dah Baca, Jangan Lupa Komen Dan Share Ya. Terima Kasih!BS
Jangan Lupa Juga Untuk Follow Kami di @BeritaSteady

SUMBER : Rojak Media


Apa Kata Anda?